Membentuk Kebiasaan Baik Agar Hidup Lebih Damai


Kebiasaan merupakan sesuatu yang sering dan biasa dilakukan oleh seseorang. Kebiasaan dibagi menjadi dua jenis yaitu kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Setiap manusia pasti memiliki kedua kebiasaan ini.

 

Namun alangkah baiknya jika manusia lebih banyak memiliki kebiasaan baik daripada kebiasaan buruk. Memang untuk membentuk kebiasaan baik itu susah, namun jika ada usaha pasti ada jalan.

 

Apa yang Anda tekuni dalam kehidupan sehari-hari yang menentukan kebiasaan yang Anda miliki. Jika dalam kehidupan sehari-hari Anda hanya melakukan hal-hal yang kotor maka kebiasaan yang akan terbentuk adalah kebiasaan buruk.

Membentuk Kebiasaan Baik Agar Hidup Lebih Damai

Namun jika hal yang Anda tekuni dalam sehari-hari adalah hal-hal yang baik maka yang akan terbentuk adalah kebiasaan baik. Untuk itu marilah bersama-sama membentuk kebiasaan baik agar memiliki kepribadian yang baik pula.

Adapun yang bisa dilakukan untuk membentuk kebiasaan baik adalah sebagai berikut.

 

  1. Pusatkan pikiran kepada Tuhan dimanapun dan kapanpun Anda berada

 

Memusatkan pikiran hanya kepada tuhan merupakan cara yang terbaik untuk membentuk kebiasaan baik. Selain mendapatkan ketenangan hati serta hati menjadi bersih.

Hal lain yang didapatkan juga Anda akan lebih dekat dengan Tuhan sang maha pencipta, sehingga Anda akan lebih mudah bersyukur, menahan hawa nafsu, menghindarkan diri dari sikap ketamakan, kejahatan kebinatangan dan sifat buruk lainnya. Jika Anda terus menerus melakukan hal ini InsyaAllah Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

  1. Memiliki komitmen yang besar

 

Manusia memiliki rasa cinta terhadap dunia yang begitu besar, maka dari itu sering kali manusia hanya memikirkan uang popularitas, pujian dan semua itu hanyalah bersifat duniawi.

Perbaiki diri dengan membangun niat yang tulus, memilih jalan yang lurus dan memiliki komitmen yang besar untuk membentuk kebiasaan yang baik dan pekerja keras.

 

  1. Melakukan kebenaran

 

Ini merupakan cara membentuk kebiasaan baik yang memiliki kesuksesan yang cukup tinggi. Melakukan kebenaran memang cukup sulit, namun jika hal itu didasari dengan ibadah dan dengan niat yang sungguh-sungguh maka melakukan kebenaran akan menjadi hal yang mudah.

Dengan melakukan kebenaran secara terus menerus maka tanpa Anda sadari akan membentuk kebiasaan yang baik.

 

  1. Berfikir positif

 

Setiap manusia selalu dihadapkan dengan segala hal, meskipun hal tersebut tidak selamanya bersifat positif. Kadang kala manusia dihadapkan dengan persoalan yang bersifat negatif sehingga memungkinkan manusia untuk berfikir negatif.

 

Namun jika Anda ingin memiliki kebiasaan yang baik maka ubahlah pola pikir yang negatif dengan cara berfikir positif. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka Anda dapat membangun kebiasaan baik.

 

Dengan melaksanakan semua cara membentuk kebiasaan baik diatas maka Anda dapat membentuk kebiasaan baik pada diri Anda. Memang awalnya cukup sulit, karena manusia adalah makhluk yang tak pernah luput dari salah dan dosa. Maka dari itu perbaiki diri dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik.